pendis

PPSN ke V Digelar di Jambi Agustus 2018, Kemenag Matangkan Alokasi Anggaran

Jambi (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direkrorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) akan menggelar Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) V pada Tahun 2018. Gelaran 3 tahunan ini akan digelar di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, pada Agustus 2018.

Sebagai persiapan, Direktorat PD-Pontren melakukan rapat koordinasi dengan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi dan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi. Kepala Sub Direktorat Pendidikan Pesantren, Basnang Said mewakili Direktur PD-Pontren mengatakan dalam rapat koordinasi membahas kesiapan alokasi anggaran dan pembagian tanggung jawab pembiayaan dan tugas dari masing-masing kepanitiaan pusat dan daerah.

“Untuk memaksimalkan hajat nasional (PPSN) yang tentunya berimplikasi pada anggaran. Oleh sebab itu perlu mengupayakan merevisi anggaran guna menambah penganggaran PPSN kali ini,” ujar Basnang di Jambi, Kamis (25/01).

“Dari daftar kebutuhan PPSN ini akan kami koordinasikan dengan Direktur PD-Pontren dan Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Pendis,” imbuh Basnang.

Dikatakan Basnang, PPSN kali ini akan mengukuhkan rekor MURI. Pengukuhan rekor MURI, lanjutnya, berupa Bahana Rythme Melayu Krinok Dengan Pengiring Terbanyak, yakni penampilan seni vokal musikalitas tradisi melayu pantun sahut-menyahut yang dipadukan dengan musik kelintang kayu pohon Ngkring Beluka yang berisikan mantera dan doa.

“Kita optimis dengan pelaksanaan PPSN tahun ini. Semoga semua pihak turut mendukung penuh agenda gelaran ini dalam rangka mempertahankan spirit nasionalisme dan patriotisme di kalangan santri,” pungkasnya.

Bidang Pendidikan Keagamaan (Pakis) Islam Kanwil Kemenag Propinsi Jambi, Rahman Sayuti menuturkan bahwa dalam persiapan PPSN ke V, Kanwil Kemenag Propinsi Jambi terus berupaya optimal mempersiapkan segala keperluan pelaksanaan PPSN. Menurutnya, upaya ini juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jambi sebagai tuan rumah.

“Mulai tahun lalu, kami aktif membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Karenanya kami terus melakukan koordinasi khususnya berkaitan dengan penganggaran PPSN ini. Kita tetap optimis bagaimanapun kondisinya saat ini,” ungkap Rahman.

Kepala Subdit Pendidikan Pesantren, Basnang Said didampingi Kepala Seksi Kesantrian, Opa Musthofa. Sementara Kepala Bidang Pakis Kanwil Kemenag Propinsi Jambi, Rahman Sayuti didampingi jajaran Kepala Seksi Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren. (maryani/heri/dod)


Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan PD-Pontren |
Tanggal: 26-01-2018 14:15

Share dengan…


Source link