Dirjen Pendis Terima Kunjungan Delegasi Global University Beirut Lebanon

pendis

 

Jakarta (Pendis) – Kementerian Agama RI melalui Ditjen Pendidikan Islam menerima kunjungan delegasi dosen-dosen dari Global University Beirut Lebanon yang dipimpin oleh Syekh Thoriq Ghonam di Lapangan Banteng Jakarta, Kamis (04/01).

Delegasi yang disambut baik oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Ahmad Zayadi beserta para pejabat di lingkungan di Direktorat PD-Pontren.

Dirjen Pendis Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa kunjungan para dosen merupakan salah satu bentuk implementasi dari Memorandum of Understanding on Academic Cooperation between Global University Beirut and Ministry of Religious Affairs Republic of Indonesia yang dibentuk kedua pihak sejak beberapa tahun lalu.

Menurut Kamaruddin, kunjungan ini bertujuan untuk pengembangan Ma`had aly dan meningkatkan metode pengajaran Bahasa Arab bagi mahasiswa Ma`had Aly di Indonesia, terutamanya metode pengajaran yang pada akhirnya secara efektif dapat mendukung pembekalan kemampuan berbahasa yang dibutuhkan peserta didik guna menempuh pendidikan tinggi pada universitas-universitas di Timur Tengah ketika mereka memperoleh beasiswa luar negeri nantinya.

“Indonesia siap menjadi pusat peradaban dan tujuan pendidikan dunia karena Indonesia memiliki potensi yang besar untuk hal tersebut, misalnya jumlah perguruan tinggi yang sangat banyak”, ujar Kamaruddin.

Selain itu lanjut Kamaruddin, Kementerian Agama juga memiliki program-program yang mendukung seperti pengiriman dosen untuk belajar ke luar negeri, mengundang dan memfasilitasi mahasiswa asing belajar di Indonesia melalui jalur beasiswa dan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia selama menempuh pendidikan.

“Ke depannya kami berharap, Indonesia menjadi kiblat dunia untuk pendidikan Islam, selain Timur Tengah dan Eropa,” harap Kamaruddin.

Direktur PD-Pontren Ahmad Zayadi menjelaskan, para dosen dari Global Univeraity Beirut Lebanon akan bermukim selama satu bulan di 13 Ma`had Aly. (hikmah/maryani/dod)

Share dengan…

Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Perkuat Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah, Kemenag Gandeng Pemerintah Daerah

Lombok (Pendis) – Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah terus melakukan terobosan untuk memperkuat Kompetensi Kepala Madrasah di bidang manajerial. Salah satu langkah yang dilakukan Direktorat GTK Madrasah adalah menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk merealisasikan agenda tersebut Direktur GTK Madrasah Suyitno melakukan kunjungan atau road show …

pendis
Direktorat PTKI Susun Rencana Induk Penelitian Integrasi Keilmuan

Jakarta (Pendis) – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) melalui Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sedang melakukan proses penyusunan Rencana Induk Penelitian Integrasi Keilmuan (RIPIK). “RIPIK ini akan dijadikan modal awal dalam membaca dan merencanakan setidaknya 10 (sepuluh) tahun yang akan datang dalam hal penelitian yang dikembangkan di lingkungan Perguruan …

pendis
Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional pada Madrasah Aliyah

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional …