Dirjen Pendis Resmikan Gedung Baru di STAIN Parepare

Parepare (Pendis) – Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin meresmikan tiga bangunan yang terletak di kampus hijau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/02).

Peresmian gedung perpustaakaan lima lantai, gedung perkuliahan jurusan syariah dan gedung perkuliahan terpadu senilai 49 Milyar rupiah merupakan pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara 2017 lalu ini dilakukan bersamaan rangkaian kegiatan Wisuda Sarjana dan Magister Tahun 2018.

Dalam orasi ilmiahnya, Kamaruddin menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangganya kepada keluarga besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Swasta karena telah berkontribusi secara fundamental terhadap kehidupan keberagamaan di Indonesia.

“Indonesia yang dengan keberagamannya dan memiliki stabilitas ekonomi, politik dan sosial seperti sekarang ini dan menjadi pusat moderasi Islam dunia dan menjadi negara muslim terbesar dunia diantaranya adalah karena kontribusi para alumni PTKI yang tersebar di Indonesia,” ujar Kamaruddin.

Ia menegaskan bahwa hubungan dan refleksi keberagamaan sebuah bangsa sangat erat kaitannya dengan kaum terdidik yang ada di negara tersebut. Seperti juga Indonesia yang saat ini menjadi negara yang humanis, moderat, demokratis, inklusif damai dan toleran tidak lepas dari andil Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang ada.

Hal ini disebabkan PTKI memproduksi sarjana islam yg memiliki pemikiran keagamaan yang moderat dan berpandangan bahwa islam dan demokrasi adalah elemen yang memiliki kesamaan subtansi, selain itu juga kita telah berhasil sebarkan nilai islam yang menghargai perbedaan, menghargai keragaman dan kemajemukan sekaligus mempromosikan islam yang kompatibel dengan demokrasi, tuturnya.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti disaksikan oleh Ketua STAIN Parepare (Dr. Ahmad Sultra Rustan), Walikota Parepare (Dr. Taufan Pawwe), civitas akademika dan ratusan wisudawan. (hikmah/dod)

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Kemenag Pangkas Birokrasi Pencairan TPG

Jakarta (Pendis) – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pembahasan Implementasi KMA tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA) , Kamis (15/02). Dasar operasionalnya SIMPATIKA baru mengacu kepada surat edaran Sekjen Kemenag dan menggunakan SOP. Untuk itu ke depan, …

pendis
Potensi Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan dan Pemberdayaan Pendidikan

Wacana pemotongan gaji setiap bulannya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim untuk zakat telah menimbulkan pro kontra. Bagi yang kontra menyatakan tidak semua ASN muslim wajib mengeluarkan zakat karena tidak sampai nishab. Penjelasan pemerintah, pemotongan gaji untuk zakat itu bersifat sukareka dan tidak wajib. Dan pemerintah menawarkan untuk menjadi fasilitator …

pendis
Dirjen Pendis Kukuhkan Kerjasama Pendidikan Islam dengan Filipina

Jakarta Pendis) – Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin kembali mengukuhkan kerjasama bidang pendidikan Islam dengan negara Filipina. Hal ini disampaikan saat acara Workshop Kerjasama Bidang Pendidikan Islam Indonesia-Filipina (Indonesia-Phillippine Workshop on Islamic Education Cooperation), 14 s/d 15 Februari 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta. Workshop ini merupakan kerjasama antara Kementerian …