BPK Dukung Target WCU UIN Malang 2021-2030

Malang (Pendis) – Anggota V BPK RI Ir. Isma Yatun, MT memberikan dukungan agar UIN Malang menjadi benchmarking bagi PTKIN di seluruh Indonesia. Diharapkannya, Roadmap lll World Class University UIN Malang dapat tercapai tahun 2021-2030. “Kedatangan saya ke sini untuk supervisi dan review. Ini adalah kedatangan pertama saya di unit kerja pengawasan kami,” ujarnya yang disambut applause hadirin.

Selanjutnya dikatakan bahwa kunjungan kerjanya sebagai quality control kinerja BPK dalam menjalankan tugasnya. “Kami sedang melakukan uji petik di satker pusat kemenag dan di 18 kanwil kemenag,” terangnya di Kampus UIN Malang, Kamis (08/02).

Sementara itu, dalam arahannya Sekjen Kementerian Agama Prof. Dr. Nursyam mengapresiasi kunjungan kerja Anggota V BPK RI Ir. Isma Yatun, MT. “Jarang PTKIN dikunjungi anggota, pasti ini perguruan tinggi bermutu,” katanya.

Diharapkan kunjungan kerja ini menguatkan silaturahmi dan sinergi Kemenag RI-BPK. Menurutnya, BPK adalah mitra Kemenag RI dalam rangka meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan pelayanan publik. “Alhamdulillah serapan anggaran 2017 meningkat menjadi 95 persen. Ini salah satu indikasi kerja kerasnya seluruh ASN Kemenag RI dalam upaya mempertahankan opini WTP,” katanya.

Sekjen mendoakan agar Ibu Isma Yatun sehat dan sukses dalam mengawal BPK V. Kemenag selalu menunggu arahan dan pengawasannya. “Lima itu karena takdir. Ini sama dengan rukun islam,” katanya disambut tawa hadirin.

Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris menyampaikan rencana besar pembangunan kampus ll dan lll yang arsitekturalnya membentuk kalimat basmalah. “Dengan dukungan pemerintah, IDB dan beberapa negara muslim, kiranya kampus malang menjadi WCU 2030,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur H. Syamsul Bahri memyampaikan keberhasilan pembangunan bidang agama di Jawa Timur. Pembiayaan APBN Tahun 2017 Kanwil Jawa Timur sebesar 9 Triliun. “Dari total anggaran 92,45 % untuk program Pendidikan Islam,” ujarnya.

Hadir dalam kunjungan kerja ini sejumlah Anggota BPK, pejabat Kemenag Propinsi Jawa Timur dan para civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (a3/dod)


Diupload oleh : dod (-) | Kategori: Kegiatan Sekretariat |
Tanggal: 09-02-2018 00:00

Share dengan…


Source link

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pendis
Kemenag Pangkas Birokrasi Pencairan TPG

Jakarta (Pendis) – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pembahasan Implementasi KMA tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (SIMPATIKA) , Kamis (15/02). Dasar operasionalnya SIMPATIKA baru mengacu kepada surat edaran Sekjen Kemenag dan menggunakan SOP. Untuk itu ke depan, …

pendis
Potensi Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan dan Pemberdayaan Pendidikan

Wacana pemotongan gaji setiap bulannya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim untuk zakat telah menimbulkan pro kontra. Bagi yang kontra menyatakan tidak semua ASN muslim wajib mengeluarkan zakat karena tidak sampai nishab. Penjelasan pemerintah, pemotongan gaji untuk zakat itu bersifat sukareka dan tidak wajib. Dan pemerintah menawarkan untuk menjadi fasilitator …

pendis
Dirjen Pendis Kukuhkan Kerjasama Pendidikan Islam dengan Filipina

Jakarta Pendis) – Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin kembali mengukuhkan kerjasama bidang pendidikan Islam dengan negara Filipina. Hal ini disampaikan saat acara Workshop Kerjasama Bidang Pendidikan Islam Indonesia-Filipina (Indonesia-Phillippine Workshop on Islamic Education Cooperation), 14 s/d 15 Februari 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta. Workshop ini merupakan kerjasama antara Kementerian …